Contoh Surat Izin Cuti Terbaru 2016, 4 Trik Pembuatan Surat Izin tidak Masuk Kerja agar Atasan Kamu Menyetujuinya

Surat izin tidak masuk Kerja – Dalam kehidupan sehari-hari, Seorang pegawai diwajibkan untuk mengikuti segala kontrak yang telah disepakati sesaat setelah ia melamar pekerjaan. Kewajiban tersebut sudah menjadi konsekuensi dan tanggung jawab yang hurus ditunaikan. Ada banyak kesepakatan yang telah ditandatangi dengan pemimpin lembaga ataupun pemimpin perusahaan. di antaranya loyal, datang tepat waktu, hingga rajin bekerja demi kemajuan perusahaan.

Di samping kewajiban tersebut, seorang karyawan juga berhak menerima insentif bulanan (gaji) sebagaiamana yang telah disepakati saat penandatanganan kontrak. Karena kesepakatan tersebut, bagian personalia berinisiatif membuat kebijakan untuk menghindari ketidakadilan dalam pemenuhan kewajiban dan hak para pegawainya. Salah satu diantaranya, gaji akan dibayar sesuai dengan prosentasi kehadiran dalam bekerja.

Karena alasan ini, banyak pegawai yang khawatir untuk membolos (tidak masuk kerja) meskipun ada kegiatan keluarga, pesta teman dekat (sahabat), bahkan saat sakit pun ia tetap masuk kerja. Dunia kerja memang termasuk dunia yang keras bahkan cenderung membosankan. Namun, jika hal itu dilalui sesuai dengan prosedur yang berlaku, Anda akan nyaman menghadapi kehidupan tersebut. 
Contoh surat izin (cuti) tidak kerja karena keperluan keluarga
Kerja dunia Kantor (foto: okupasi.com)
Terkait dengan ketidakhadiran dalam bekerja, akan kami jelaskan cara terbaik memperoleh izin atasan langkah demi langkah. Tentunya Anda harus mengkuti tips-tips yang akan kami sebutkan di bawah ini. Sangat di sayangkan jika ada kegiatan yang tidak kita ikuti karena aktivitas kerja kita.

4 Trik Membuat Atasan 
Memberikan Izin Tidak Bekerja Secara Sukarela

1. Tepat Waktu

Atasan selalu suka pegawai yang tepat waktu, selalu datang di awal, istrahat saat waktunya, pulang saat waktunya hingga tidak libur jika tidak ada liburan. Karena alasan ini beberapa atasan sangat susah untuk tidak memngabulkan permintaan bawahannya. Nah, jika Anda melakukan hal ini, kami yakin perizinan Anda akan dipermudah.

2. Sopan dan Ramah

Dua kata ini, jika dibarengkan dalam kehidupan sehari-hari akan menimbulkan kesan baik bagi siapa saja yang mengenal Anda. Begitu juga dalam dunia kerja. Sopan, berpenampilan menarik, ramah, bertutur kata yang baik, teman-teman kantor Anda akan respek serta menghargai Anda, begitu juga dengan atasan. Suatu saat saat Anda mengajukan permohonan untuk cuti atau tidak berangkat kerja, dengan mudahnya izin tersebut akan didapat.

3. Tidak Membolos

Aspek ini tidak ada bedanya dengan bolos kuliah. Sesuatu yang sangat tidak di senangi dosen, begitupun dengan atasan kantor Anda. Catatan ketidakhadiran dalam perusahan tentunya dimiliki oleh tiap pegawai, yang akan menjadi pertimbanagan bagi perusahan untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Dampak dari perilaku buruk ini akan mempersulit Anda saat mengajukan permohonan izin nantinya, meskipun ada kepentingan keluarga yang harus Anda hadiri.

4. Prosedur Kerja

Setelah melakukan ketiga trik di atas, langkah terakhir ini adalah langkah wajib yang harus Anda lakukan agar permohonan cuti atau izin tidak bekerja Anda diterima. Langkah ini berguna menunjukkan keprofesionalismean Anda di kantor. Yaitu melampirkan surat izin tidak masuk kerja. Meskipun dibeberapa lembaga atau perusahan tidak mengharuskan surat izin ini namun perlu Anda catat langkah ini adalah tanda profesionelisme Anda sehinga wajib untuk dikerjakan.

Sebagaimana yang telah kami sebutkan pada artikel pengertian surat, salah satu fungsi surat adalah menjadi alat bukti. Karena dikhawatirkan terdapat masalah dikemudin hari maka pembuatan surat wajib Anda lakukan untuk meminimalisir masalah tersebut.

Sebagai contoh “Saat Anda melakukan cuti namun tidak melampirkan surat izin tidak bekerja”. Lalu di kantor ada tugas yang menjadi tanggung jawab Anda. Maka hal itu akan berpengaruh pada kredibilitas Anda. Berbeda lagi jika Anda melampirkan surat, semua yang di kantor akan tahu dan memakluminya. Berikut akan kami contohkan surat izin tidak bekerja karena sakit yang paling umum di alami daam dunia kerja, selanjutnya surat izin cuti (tidak bekerja) karena menikah.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit
Yth.
Manajer Personalia
PT Maju Mundur

Di
    Semarang

Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Irman Sutejo
Alamat : Jl. Gota Gati No 20 Semarang
Jabatan : Staf Pubilkasi

Bermaksud mengajukan permohonan izin tidak bekerja selama 3 hari mulai tanggal 5-8 Februari 2016 dikarenakan tidak enak badan. Bersama ini saya lampirkan surat keterangan dokter sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan, bapak bagian personalian memberikan izin untuk istirahat sebagaiaman anjuran dokter.

Demikianlah, permohonan ini saya buat sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.

Semarang, 4 Februari 2016

Hormat saya,


Irman Sutejo

Contoh Surat Izin Cuti Karena Ingin Melangsungkan Pernikahan

Kepada Yth.
Ibu Manajer HRD
PT Simanjuntak

Di
    Tempat.

Dengan Hormat, 
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Arwini Ilyas
Alamat : jl. Nogotirto No 23 Kudus
Jabatan : Staf Pemasaran

Bermaksud mengajukan cuti selama seminggu (terhitung sejak tanggal 25 Februari 2016) untuk mengurus segala keperluan yang berkenaan dengan resepsi pernikahan saya pada tangal 29 Februari 2016.

Demikianlah, atas perhatian dan perkenaan izin ibu saya ucapkan banyak terimah kasih.

Kudus, 23 Februari 2016

Hormat Saya,


Arwini Ilyas

Demikianlah Trik Pembuatan Contoh Surat Izin (cuti) tidak Masuk Kerja agar Atasan Kamu Menyetujuinya. Mudahan Bermanfaat