Panduan Surat 2016: 3 Cara Menulis Contoh Surat Izin tidak Masuk Kuliah Resmi pak Dosen


Anekasurat.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa rutinitas yang harus dipertimbangkan bila mana berbenturan dengan kegiatan kuliah di kampus. Rutinitas yang beraneka ragam tersebut, terkadang membuat kita kesulitan untuk menentukan aktivitas mana yang lebih diutamakan. Di lain sisi, bila kegiatan tersebut lebih diutamakan dan mengenyampinkan kegiatan kuliah (tidak mengikuti perkuliahan), maka akan berdampak buruk terhadap prosentasi kehadiran yang sangat berpengaruh pada nilai akademik nantinya.

Beberapa universitas, baik Negeri maupun Swasta memiliki kebijakan “Semua mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan sebanyak 75% dari jumlah pertemuan permata kuliah” Jika dalam satu mata kuliah ada 16 pertemuan, berarti tidak boleh absen selama 3 kali pertemuan. Atas kekhawatiran ini banyak mahasiswa yang mengambil jalan pintas, minta ditandangani oleh teman kuliah dan ada yang merubah ketidakhadiran menjadi hadir. Padahal, ada beberapa cara sopan menghindari masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan surat izin tidak mengikuti perkuliahan.

Setiap dosen memiliki kontrak kuliah yang berbeda-beda. Ada dosen yang membolehkan izin melalui sms mapun pesan singkat. Dan ada juga yang mengharuskan membuat surat izin. Karena beberapa kriteria dosen tersebut, disini saya hanya akan mencontohkan pembuatan izin melalui surat.

Cari Alasan Terbaik dalam menulis Surat Izin tidak Masuk Kuliah dan Jangan Lakukan secara Sembrono!!!

Terkadang ada beberapa mahasiswa yang kurang memperhatikan beberapa hal dalam pembuatan surat. Tidak menggambarkan identitas sebagai mahasiswa, bahasa yang kurang meyakinkan hingga menggunakan peralatan yang sembrono atau seadanya.
Format surat izin tidak kuliah karena keperluan keuarga
Surat Izin Kuliah (foto: penting.id)
Identitas Tidak Jelas

Dalam pembuatan surat izin, aspek yang paling utama diperhatikan adalah nama penulis surat. Jika elemen utama ini diabaikan maka tidak menutup kemungkinan dosen juga akan mengabaikan surat yang telah Anda buat. Beberapa hal yang perlu dilengkapi saat membuat surat izin tidak masuk kuliah di antaranya: mencantumkan nama, nomor induk mahasiswa, program studi dan fakultas.

Bahasa Tidak Meyakinkan

Kesalahan selanjutnya yang biasa dilakukan saat pembuatan surat izin tidak kuliah adalah memakai bahasa yang tidak meyakinkan. Bahasa yang tidak meyakinkan ini, kami masukkan ke dalam alasan yang kurang tepat yang akan kami jelaskan di bawah.

Kelengkapan Surat Seadanya

Banyak mahasiswa yang membuat surat hanya bermodalkan kertas dengan tinta, nampak seperti surat formalitas biasa. Analogi sederhana jika Anda diperlakukan secara spesial tentu Anda akan merasa dihargai, begitu pun dengan dosen. Tentu surat mahasiswa berbeda dengan surat izin tidak sekolah. Melengkapi surat dengan keterangan sakit dari dokter, melampirkan juknis kegiatan jika sedang mengikuti kegiatan, hingga melampirkan keterangan dinas jika sedang menjalankan dinas. Satu hal yang juga banyak dilupakan mahasiswa adalah surat tidak dibungkus dengan alpop yang cantik.
Ingat dosen Anda adalah orang yang memiliki strata akademik lebih bagus dari Anda, jadi Anggapan yangAnda harus miliki, bapak dosen jauh lebih mengerti surat yang dibuat dengan rekayasa dan surat yang dibuat dengan seseungguhnya ketimbang Anda.
Setelah ketiga aspek di atas telah dipersiapkan saatnya mencari alasan terbaik dalam pembuatan surat Anda. Ada beberapa alasaan yang memungkinkan surat izin anda di terima, beberapa alasan ini selanjutnya akan kami buatkan contohnuya.  Karena pembuatan surat harus dilakukan secara profesional dan dapat meyakinkan ibu dosen, sebaiknya kamu memilih beberapa alasan yang akan kami jelaskan satu persatu berikut:

1. Alasan Sakit 

Sakit adalah kondisi manusiawi mahasiswa, jadi berada pada kondisi ini adalah hal yang lumrah dan sangat dimengerti dosen. Saat membuat surat izin jangan lupa melampirkan keterangan sakit dari dokter.

2. Alasan Keluarga 

Alasan ketiga ini sangat umum dialami mahasiswa, beberapa diantaranya ada hajatan keluarga adik atau kakak sedang malangsungkan pernikahan , orang tua sedang sakit, hingga salah satu keluarga terdekat meninggal.

3. Alasan Mengikuti Perlombaan

Tidak sedikit mahasiswa yang mewakili jurusan atau universitas dalam mengikuti perlomban yang di adakan di luar kota. Jenis alasan ini dapat dikategorikan kedalam persoalan kedinanasan jadi format suratnya mengikuti surat izin tidak masuk karena dinas. Untuk menghindari ketidakhadiran dalam kelas maka seyogyanya membuat surat izin mengikuti perlombaan tersebut.

4. Alasan Kegiatan Organisasi

Beberapa mahasiswa juga selalu berbenturan dengan kegiatan organisasi, baik yang diadakan di kampus maupun yang diadakan diluar kampus. Dari beberapa kegiatan ini, dosen tidak serta merta memberikan izin, kebanyakan dosen melihat organisasi apa yang diikuti hingga jenis kegiatannya.

Baca Juga: Panduan Pembuatan Surat Pengunduran Diri Organiasi

5. Alasan Kerja dan Bepergian

Alasan ini termauk dari jenis yang kurang masuk akal oleh beberapa dosen. Pertama jika seorang mahasiswa bekerja saat ia sedang kuliah berarti mahasiswa tersebut tidak akan mungkin dapat mengikuti perkuliahan secara konsisten. Bagitu juga dengan bepergian, suatu alasan yang kurang masuk akal. 

Contoh Surat Izin tidak Masuk Kuliah 
karena Keperluan Keluarga

Kepada
Yth. Bapak Simajuntak M.A

Di
    Tempat

Dengan segala hormat, saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama      : Ilyas Dora
NIM         : 2983012
Prodi       : Pendidikan Agama Islam
Fakultas  : Agama Islam

Tidak dapat mengikuti perkuliahan yang bapak ampu pada tanggal 24 februari 2016 dikarenakan sedang ada kegiatan keluarga. Berkenaan dengan pentingya acara ini, saya sangat menyesal tidak dapat mengikuti perkuliahan Ilmu hadis. Jika terdapat tugas, insyaAllah saya akan kerjakan dan menyerahkanya saat perkuliahan selanjutnya.

Demikianlah, atas perkanaan bapak kami ucapkan banyak terima kasih.
Semarang 23 Februri 2016
Mahasiswa,

Ilyas Dora

Contoh Surat Izin 
Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit

Pekalongan, 23 Februari 2016

Kepada,
Yth. Bpk. Simanjuntak, M.Si.
Di
    Universitas Maju

Dengan Hormat, Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Ilyas Dora
NIM                 : 23459021
Kelas               : 3A
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas          : Agama Islam

Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti mata kuliah metodologi penelitian islam pada hari kamis, 23 Februari 2016. karena saya tidak enak badan. Berkenaang dengan hal tersebut kami lampirkan surat keterangan dokter berkaitan dengan penyakit yang sedang saya alami. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap mengerjakan dengan melalui koordinasi dengan teman-teman kelas.

Baca Juga: Tata Cara Pembuatan Surat Lamaran Kerja Terbaru (Panduan Resmi 2016)

Demikian, surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi, dan atas izin yang diberikan oleh bapak saya ucapkan banyak terima kasih.

Mahasiswa,


Ilyas Dora

Contoh format surat izin di atas telah mewakili surat izin lainnya. sehingga Anda hanya perlu memperhatikan alasan yang Anda kemukakan dalam surat. Demikianlah Panduan Mudah: 3 Cara Menulis Contoh Surat Izin tidak Masuk Kuliah Resmi pak Dosen. Mudahan Bermanfaat

Parnert Link: Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia