Panduan Surat Resmi 2016, 3 Contoh Pembuatan Surat Lamaran Kerja Agar Mudah Diterima!!!

Apa Saja yang Menentukan Surat Lamaran Kerja Anda Diterima?

Sebelum kami mencontohkan surat lamaran kerja yang baik dan benar, akan kami sebutkan langkah apa saja yang harus Anda persiapkan agar proses pembuatan surat berjalan dengan baik dan tentunya agar di terima di tempat Anda melamar pekerjaan. Langkah-langkah yang akan kami sebutkan tergantung dari jenis pekerjaan yang Anda daftarkan. Jika Anda hendak membuat surat lamaran kerja Jadi guru, maka ikuti langkah di bawah ini sesuai dengan prosedur yang barlaku di sekolah Anda mendaftar, begitu pula saat Anda berkeinginan mendaftarkan diri sebagai pegawai di bank, maka ikuti langkah berikut sesuai dengan prosedur pendaftaran di Bank, begitu seterusnya. 
Format Surat Lamaran Kerja yang baik dan Benar
Kerja Kantor, Ilustrasi Via Abcnews.go.com
Langkah Pertama, Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Temukan secara rinci informasi terkait penyedia pekerjaan. Informasi yang kami maksud di sini adalah segala hal yang berhubungan dengan instansi Anda melamar. Seperti instansi tersebut bergerak di bidang apa (berguna untuk Kelengkapan CV sesuai keahlian Anda) serta informasi Kapan dan dimana Pengumuman rekruitmen tersebut. Kedua Informasi tersebut sangat berpengaruh dalam pembuatan surat lamaran kerja dan terlihat lebih professional, yang akan kami contohkan di bawah ini. Namun Pemahaman Awal berikut sangat berguna untuk diketahui, agar proses pendaftaran Anda berjalan dengan lancar, jadi ikuti langkah demi langkah.

Langkah Kedua, Tampil Lebih Profesional 

Setelah pencarian informasi, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kelengkapan berkas yang akan dituangkan dalam bentuk CV (Curriculum Vitae).

“Buatlah CV Terbaik yang Menggambarkan Diri Anda”

Mengapa demikian? Ada ratusan bahkan ribuan CV yang akan masuk dalam perusahaan saat perekrutan di mulai. Coba Anda bayangkan ada “ratusan CV” yang akan diseleksi dalam waktu yang singkat bahkan hanya dalam kurung waktu beberapa detik.

Karena proses seleksi CV yang singkat, disinilah dibutuhkan kecerdikan dalam pembuatan CV dan surat lamaran kerja. Jadi, Usahakan menyusun berkas secara professional dengan menggambarkan secara rinci riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, riwayat pekerjaan, kemampuan diri, dan kualifikasi tertentu sesuai dengan yang tertera dalam lowongan pekerjaan.

“Tingkatkan Kesempatan dalam Pembuatan CV dengan Mencantumkan Kualifikasi, Sesuai dengan yang Dibutuhkan Perusahaan”

Hal ini terkadang luput diperhatikan beberapa pelamar, mereka mencantumkan segala berkas (kemampuan) yang ia miliki dengan pertimbangan akan menambah daya tarik surat dan CV yang mereka buat. Langkah yang keliru menurut Anekasurat.com, memang benar mencantumkan segala kualifikasi diri dalam CV akan berpengaruh pada surat yang kita lampirkan.

Namun beberapa perusahaan memiliki kriteria tertentu dalam perkerutan pegawai sehingga pertimbangan CV sangat menentukan. Sehingga mengeleminasi kemampuan yang tidak sesuai dengan apa yang tertera dalam lowongan pekerjaan sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Langkah Ketiga, Pantaskan Diri Anda!!!

“Kenali Penyedia Lowongan Pekerjaan dan Kenali Diri Anda”

Dua pertimbangan di atas sangat berpengaruh dalam surat lamaran yang akan Anda buat Nantinya. Mengetahui posisi atau bagian yang dibutuhkan dengan sendirinya akan menimbulkan pikiran “apakah saya cocok dengan posisi yang dicari oleh penyedia lowongan tersebut?”

Jika yang tertera dalam pengumuman sesuai dengan keahlian yang anda miliki, maka jangan menunda waktu untuk segera mendaftarkan diri. Berbeda lagi, jika tidak mempertimbangkan hal demikian atau dengan kata lain "asalkan mempunyai pekerjaan".

Bekerja sesuai dengan minat yang Anda miliki tentunya memiliki perbedaan dibandingkan dengan bekerja yang tidak sesuai dengan keahlian. Sehingga Anda perlu mempertimbangan hal-hal berikut untuk kelangsungan pekerjaan Anda:

1. Bekerja tidak sesuai minat akan berpengaruh pada hasil pekerjaan yang cenderung tidak sesuai harapan.
2. Kecenderungan beradaptasi membutuhkan waktu lebih lama.
3. Tumbuhnya rasa tidak percaya diri saat mengerjakan tugas-tugas baru di kantor.
4. Tumbuhnya rasa bosan karena pekerjaan Anda tidak sesuai dengan Passion Anda.

Panduan Pembuatan Surat Lamaran Kerja 
yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan untuk membantu pelamar menjelaskan secara singkat apa yang tertulis di dalam CV. Surat lamaran memiliki format yang sama dengan surat biasa yaitu: pembuka, isi surat, penutup dan lampiran.
Surat Lamaran Kerja jadi Guru 2016
Butuh Kerja, Ilustrasi Via Fhm.co.id
Surat yang terlihat profesional, tertata rapi, tidak memiliki kesalahan, menggunakan bahasa sopan, dan terlihat elegan adalah jenis surat yang yang memungkinkan seseorang di terima dalam sebuah lowongan kerja. Karena ketentuan tersebut merupakan ketentuan yang umum digunakan dalam pembuatan surat. Akan kami jelaskan secara bertahap, ketentuan apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat resmi.

Ketentuan Umum Pembuatan Surat Agar diterima saat Melamar Pekerjaan

a. Bahasa yang Baik

Sebagai alat komunikasi, Bahasa memiliki peranan penting dalam pembuatan surat. Surat yang memiliki strukrur bahasa yang baik, menggambarkan bahwa penulis surat dapat berkomunikasi secara baik. Selain itu, penggunaan bahasa dalam surat akan mendeskripsikan maksud dari surat yang dikirimkan, jadi usahakan meminimalisir kesalahan.

b. Kalimat Sopan

Karena posisi Anda sebagai orang yang membutuhkan sesuatu, lalu dituangkan ke dalam bentuk tulisan, maka membangun komunikasi yang membuat seorang merasa kagum adalah langka utama dalam pembuatan surat, salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan kalimat yang sopan.

c. Tulisan Rapi

Ada sebagian penyedia lowongan kerja yang mewajibkan surat lamaran di tulis tangan. Sehingga Anda perlu berhati-hati jika disyaratkan demikian. Kembali kami ingatkan bahwa ada banyak surat lamaran kerja yang akan masuk dalam perusahaan. Tulisan yang tidak tertata rapi akan mengurangi daya tarik pelamar.

d. Perhatikan Persyaratan 

Syarat penyedia pekerjaan merupaka hal utama yang wajib Anda siapakan, syarat memiliki pengertian bahwa sesuatu yang harus ada dalam surat lamaran Atau ketentuan khusus yang dibutuhkan penyedia lowongan kerja. Seperti melampirkan sertifikat kecakapan berbahasa inggris, keterangan pengalaman kerja, dll.

e. Lampirkan Sertifikat

Secara tersirat kami telah menyebutkan bahwa lampirkan segala hal yang berhubungan dengan persayaratan yang diminta sehingga mengurangi sertifikat yang tidak dibutuhkan sangat dianjurkan.

Contoh Terbaru Surat Lamaran Kerja Umum 2016

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia
PT. Maju Mundur
Jl. Nogomudo No 14

Di
    Semarang

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang di muat dalam koran Tempo pada tanggal 10 Maret 2016 terkait lowongan pekerjaan dari PT Maju Mundur. Berkenaan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Adapun bagian pekerjaan sebagaimana yang tercantum dalam pengumuman tersebut adalah Sekretaris Manejer di Perusahaan PT. Maju Mundur.

Berikut ini adalah biodata singkat saya:

Nama : Wahyudi Natsir
Tempat / tgl. lahir : Pare, 15 Februari 1989
Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi
Alamat : Jl. Nogorojo No 12, Semarang.
Telepon (HP) : 085645392012

Pada saat ini saya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Selain itu saya sangat fasih berbahasa inggris, baik pasif dan aktif serta memiliki kemampuan dalam mengoperasikan beberapa software computer, seperti MS Excell, Acces, MS Office Word, MS Power Point, dan Lotus Spreadsheet.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas berikut:

1. Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup)
2. Foto Copy Pendidikan Terakhir
3. Foto Copy Sertifikat Kursus
4. Foto Copy Sertifikat Pelatihan
5. Foto Copy Transkip Nilai
6. Foto Terbaru 3x4

Kesempatan wawancara yang diberikan oleh Bapak Personalian merupakan kesempatan yang sangat berharga dalam kehidupan saya untuk menjelaskan lebih rinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikianlah, atas perhatian dan kerjasamannya saya ucapkan banyak terimah kasih.

Hormat Saya,

Wahyudi Natsir

Sebanarnya format surat lamaran kerja di atas dapat dirubahsesuaikan dengan pekerjaan apapun yang Anda inginkan, Jika ingin melamar sebagai tenaga kesehatan ataupun pekerjaan lainnya format di atas dapat Anda manfaatkan.

Saat Selesai Membuat Surat Lamaran Kerja, Langkah Apa Selanjutnya?

Sembari menunggu pengumuman dan panggilan untuk menjalani tes wawancara, persiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi, semisal menghafalkan naskah dan materi yang akan ditanyakan oleh pihak perusahaan, mencari informasi perusahaan di internet, mengenali beberapa orang yang berpengaruh di dalam perusahaan. Biasanya referensi dari orang dalam sangat berguna dalam tes wawancara kerja nantinya.

Setelah segala sesuatunya telah dipersiapkan dan Anda diberi kesempatan untuk menjalani sesi wawancara, berpenampilanlah secara sopan serta bangunlah kepercayaan diri bahwa Anda memang layak menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Rasa percaya diri ini akan membuat Anda mudah melewati segala rintangan pertanyaan yang akan dilontarkan nanti, selain itu pihak personalia juga akan merasa yakin dengan presentasi yang Anda lakukan.

Demikianlah panduan pembuatan contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar di tahun 2016 ini, Mudahan bermnafaat.