Aneka Contoh Surat Izin tidak Masuk Sekolah Terbaru 2017 untuk Berbagai Keperluan



Aneka Contoh Surat Izin tidak Masuk Sekolah dengan Berbagai Keperluan 2017

Anda sedang tidak masuk sekolah?
Atau anda mempunyai anak tidak ingin mengikuti pelajaran karena keperluan tertentu?


Jika Anda berada pada halaman ini berarti langkah Anda sudah tepat, di sini saya akan memberikan panduan pembuatan surat izin sekolah dari berbagai keperluan.

Sebenarnya sangat mudah membuat surat izin, Anda hanya butuh 3 elemen surat, yaitu: salam pembuka, isi surat dan salam penutup. Ketiga elemen ini tidak jauh berbeda dengan surat permohonan dan surat izin tidak masuk kuliah.

Berbeda dengan surat resmi yang memiliki format baku yang harus diikuti. Sebut saja di dalam wikipedia, surat resmi memiliki ketentuan khusus, yaitu: kop, nomor, bahasa resmi hingga harus memiliki cap.

Karena surat izin sekolah dikategorikan ke dalam surat pribadi, maka pembutannya tidak seformal surat dinas. Sehingga ketiga elemen di atas dapat memenuhi format surat izin tidak masuk sekolah.

Untuk lebih memperkaya pengetahuan seputar surat, Anda dapat membaca artikel kami yang berjudul jenis surat dan pengertiannya.

Mengapa Harus Membuat Surat Izin?

 
Inilah pertanyaan remeh yang selalu dilontarkan oleh orang yang kurang memahami arti surat menyurat, memang benar anggapan mereka "ngapain repot-repot toh bisa langsung telpon guru kelas" namun kerepotan terebut menurut kami akan dirasakan di masa selanjutnya.

Logika paling mudah, coba posisikan diri Anda sebagai wali kelas. Setiap ada keperluan orang tua wali, Anda akan ditelpon. Bagaimana perasaan Anda? Tersirat kami simpulkan Anda akan berpikiran, dia lagi, dia lagi.

Untuk menghindari ketidaksenangan wali kelas (penerima surat), ada baiknya Anda membuat surat. Selain sebagai layanan komunikasi terbaik untuk menyampaikan pesan secara tidak langsung, surat juga dapat berupa alat bukti, sehingga jika terjadi masalah di masa mendatang surat dapat Anda sodorkan untuk mengatasi hal tersebut.

Sesuai dengan judul artikel ini aneka contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan berbagai keperluan, maka kami akan contohkan berbagai macam bentuk surat izin, tergantung dari keperluan Anda. 





Cilacap, 20 Januari 2017

Kepada Yth.
Wali Kelas VIII
SMP Negeri Kota Maju

Di
     Tempat

Assalamu’ Alaikum Wr Wb

Dengan hormat, Kami sampaikan bahwa Ananda dengan identitas berikut:

Nama : Ahmad Dahlan
Siswa : VIII C
Alamat : Jl. Gota Gati No 19 Cilacap

Tidak dapat mengikuti proses kegiatan belajar seperti sedia kala, terhitung tanggal 21-24 Januari 2017. Bersama ini kami lampirkan surat keterangan dokter sebagai bahan pertimbangan. Oleh karena itu kami mengharap kesediaan bapak untuk memberikan izin istirahat sebagaimana anjuran dokter.

Demikian, atas perkenaan bapak kami ucapkan terimah kasih.

Hormat kami,


Dujarno, S.Pd

Catatan: Pada conoh ini, kami sebutkan lampiran surat sebagai penambah argumen untuk tidak mengikuti pelajaran.


Contoh Surat Izin tidak Masuk Sekolah (Acara Keluarga)

Pangkep, 22 Januari 2017

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru
SMP Simanjuntak
 
Di
     Tempat

Assalamu’ Alaikum Wr Wb
 

Berkenaan akan diadakannya pesta pernikahan anak kami, Yasir Hafid (kakak kandung Ahmad Haedar), siswa kelas III SMP Simajuntak, yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal: Senin 22-24 Januari 2017
Waktu: 09.00 WIB – Selesai
Tempat: Jl. Malili No 12, Depok.

Dengan ini, kami sampaikan bahwa Ananda Ahmad Haedar tidak bisa mengikuti pelajaran sebagaimana hari-hari biasa. Oleh karena itu, kami memohon untuk diberikan izin untuk mengikuti pesta pernikahan ter
sebut.

Demikian, atas perhatiannya diucapkan banyak terimah kasih.

Hormat kami,

Sutrisni, SH



Format Surat Izin tidak Masuk Sekolah karena Keluarga Meninggal


Wajo, 25 Januari 2017

Kepada Yth.
Ibu Guru
SMP Negeri I Wonotomo

Di
    Tempat

Assalamu’ Alaikum Wr Wb
 

Dengen hormat, kami sampaikan bahwa siswa dengan identitas berikut:

Nama: Arwini Irham
Kelas: III A
Alamat: Jl Alauddin NO 3 Wajo

Tidak dapat mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya, dikarenakan salah satu anggota keluarga kami meninggal (nenek Arwini). Berkenaan dengan hal tersebut, sudilah kiranya bapak/ibu guru memberikan izin untuk tidak mengikuti pelajaran selama 3 hari.

Demikian, atas perkenaan bapak kami ucapkan terimah kasih.

Hormat kami,


Nurfaidah


Surat Izin tidak Masuk Sekolah karena Pulang Kampung


Sleman, 30 Januari 2017

Kepada Yth.
Bapak Guru
SMP Negeri I Sleman

Di
     Tempat

Assalamu’ Alaikum Wr Wb
Dengen hormat, kami sampaikan bahwa Siswa dengan identitas berikut:

Nama: Marzuki Idris
Kelas: II C
Alamat: Jl Nologaten, NO 5 Depok, Sleman

Tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti hari-hari biasa, dikarenakan akan pulang ke Medan. Berkenaan dengan hal tersebut, kami memohon kepada bapak/ibu guru untuk memberikan izin selama seminggu.

Demikian, atas perkenaan bapak kami ucapkan terimah kasih.

Hormat kami,


Sangkala, Sc.

Dari beberapa Contoh Surat Izin tidak Masuk Sekolah di atas, mungkin timbul dalam benak Anda bagaimana jika ada keperluan lain, menurut kami contoh di atas sudah mewakili beberapa keperluan lainnya, tinggal dikembangkan dan terantung dari jenis kebutuhan Anda. Format di atas juga berlaku terhadap surat izin tidak masuk kantor/kerja. Mudahan membantu, Terimah kasih.