Aneka Jenis Surat dan Bentuknya


Aneka Jenis Surat – Tidak dapat disangsikan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memiliki ketergantungan dengan manusia lainnya. Ketergantungan tersebut akan berdampak pada komunikasi yang akan dijalin. Dalam menjalin komunikasi dibutuhkan sebuah alat untuk melancarkan prosesnya, komunikasi tersebut dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Salah satu dari kesekian jenis komunikasi dapat dilakukan dengan perantara surat menyurat (baca: pengertian surat). Surat merupakan alat penyampai pesan yang ditulis dalam secarik kertas dan memiliki beragam jenis.

Bentuk-bentuk surat anekasurat.com

Jenis surat tentunya terbagi ke dalam beberapa bentuk, tergantung dari kriteria dan objeknya. Ada beberapa ragam jenis surat yang akan Anekasurat.com sebutkan, yang dikelompokkan ke dalam beberapa macam. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya anda membaca artikel kami yang membahas secara lengkap tentang pengertian surat sehingga tidak terjadi kerancuan dalam pembuatan surat.

Jenis Surat berdasarkan Wujudnya

Telegram adalah jenis surat yang dikirimkan melalui pesawat telegram. Surat telehram berisikan berita singkat sehingga akan sampai pada tujuan dengan waktu yang singkat juga.

Kartu pos adalah surat terbuka yang terdiri dari beberapa lembaran kertas tebal dan berukuran 10 cm x 15 cm serta bertujuan untuk menyampaikan sebuah pesan singkat. Namun pesan tersebut bersifat umum sehingga dapat diketahui oleh orang lain. Jenis surat ini dapat diperoleh di kantor pos terdekat.

Warkat pos merupakan surat tertutup yang tertulis dalam sehelai kertas dan disertai dengan amplop. Meskipun dapat diberi amplop, jenis surat ini juga dapat dilipat menjadi amplop untuk memaksimalkan dalam pembuataanya. Kegunaan surat ini tidak jauh berbeda dengan kartu pos, namun cenderung memiliki pesan yang agak panjang dan dapat ditemukan di kantor pos.

Surat bersampul adalah jenis surat yang dibungkus dengan sebuah sampul dan paling banyak digunakan dewasa ini. Ada beberapa kelebihan yang didapatkan dari surat ini, diantaranya keamanan isi lebih terjamin, isi surat lebih mudah dikreasikan tergantung dari kebutuhan pembuat surat. 

Jenis Surat Berdasarkan Pembuatannya

Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk memberikan sebuah pemberitaan kepada pihak lain terkait dengan beberapa persoalan. Surat resmi ini banyak digunakan oleh organisasi, lembaga perusahaan, atau instansi kedinasan. Beberapa diantaranya surat dinas, surat sosial dan surat niaga.

Surat pribadi adalah surat yang ditujukan oleh seseorang dengan inisiatif pribadi, surat tersebut terkadang bersinggungan dengan curhatan, permohonan, lamaran hingga bersifat konfirmasi.

Jenis Surat Berdasarkan Pesan 

Surat setengah resmi adalah surat pribadi yang ditujukan kepada instansi terentu dengan isi yang berhubungan dengan instansi tersebut. Jenis surat ini dapat ditemui pada surat permohonan cuti, lamaran kerja hingga permohonan mendirikan bangunan.

Surat sosial adalah surat yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan sosial yang diedarkan kepada perseorangan, organisasi hingga lembaga tertentu. Beberapa contoh surat sosial dapat ditemukan pada surat edaran kerja bakti dan surat permohonan sumbangan.

Surat Keluarga - Surat keluarga biasanya digunakan oleh orang tertentu untuk menjalin komunikasi dengan keluarga. Jenis surat ini lebih mengedapankan kekeluargaan sehingga bahasa yang dipakai cenderung lebih santai ketimbang surat lain.

Surat Niaga biasa juga disebut dengan surat bisnis karena bersinggungan dengan usaha maaupun perdagangan, surat niaga dapat berupa penawaran barang dan jasa, konfirmasi pesanan barang, penagihan hutang, dll. 

Surat Dinas adalah surat yang memiliki kekuatan hokum sehinga dapat dijadikan alat bukti, surat ini data berupa perintah, tugas, pemecatan, hingga keputusan. Surat ini dikeluarkan oleh organisasi atau lembaga tertentu yang berhubungan dengan pihak-pihak tertentu (baca; aneka contoh surat dinas).

Surat Pengantar adalah surat yang dimaksudkan untuk menjadi perantara antara orang yang ditugaskan dengan pihak dituju, biasanya berisi tentang petunjuk teknis dan keperluan pembuat surat.