Ragam Defenisi dan Pengertian Surat


Pengertian Surat,- Surat adalah salah satu sarana komunikasi yang banyak digemari di masa sekarang maupun yang akan datang, meskipun dengan berbagai bentuk. Komunikai tersebut dilakukan oleh pihak tertentu dengan terkait untuk mendapatkan informasi maupun respon tertulis.

Seiring berkembangnya zaman, dunia surat menyurat semakin berubah. Bahkan deawasa ini surat menyurat dapat dilakukan secara online (email) yang menggunakan perangkat komputer. Dari kebiasaan mengirim surat dengan kantor pos berubah menjadi kiriman elektronik melalui email.

Selain dipergunakan sebagai sarana komunikasi, surat juga banyak digunakan sebagai alat pengingat untuk keperluan tertentu, bukti historis tentang sebuah peristiwa, pedoman kerja dalam melakukan sesuatu, sarana permohonan dalam sebuah kelembagaan hingga dapat dijadikan sebagai alat bukti.

Akan tetapi, meskipun defenisi surat mengalami perubahan yang cukup berarti, keunikan surat tidak akan ditemukan pada alat komunikasi lainnya. Semisal masih menggunakan media kertas dengan bahasa tulisan tertentu. 

Pengertian Surat Dinas

Pembuatan surat dengan perangkat komputer lebih banyak dipakai dengan pertimbangan lebih cepat, dapat dilakukan secara sistematis, hingga dapat menyimpan berbagai jenis arsip secara otomatis. Berbeda dengan surat yang menggunakan mesin ketik, tulisan tangan maupun bentuk lainnya semakin ditinggalkan, tergantung dari kebutuhan dan tujuan surat tersebut.

Pengertian Surat Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Secara umum pengertian surat adalah Tanda atau Keterangan tertulis yang dibuat dalam secarik kertas, sedangkan jika surat diartikan dalam ruang lingkup administrasi berupa alt komunikasi tertulis yang memuat sebuah inforasi dari pihak pertama ke pihak lainnya.

Dilihat dari sifatnya ada yang berbentuk pribadi dan dinas (keperluan lembaga). Secara pribadi lebih cenderung digunakan sebagai alat komunikasi berbeda dengan kepentingan dinas yang cenderung bersifat resmi dibuktikan dalam sabuah kertas (ada hitam di atas putih) yang diarsipkan secara teratur.

Kehidupan manusia tidak akan terlepas dari perantara surat. Meskipun ada beberapa kegiatan yang tidak membutuhkan penulisan surat. Beberapa diantarnya Atasan yang ingin menegur karyawannya secara tidak langsung, ingin melamar sebuah pekerjaan, alat bukti (wakaf, proferti, wasiat, perjanjian), pengungkapa perasaan, dan sebagainya. Kegiatan tulis menulis tersebut jika dilakukan secara berkelanjutan akan disebut korespondensi dan yang berperan dalam pembuatanya disebut koresponden.

Pengertian Surat Menurut Beberapa Ahli

Menurut Setiawan Djuharie surat adalah sebuah informasi pernyataan yang disampaikan melalui komunikasi tertulis dari pihak pertama ke pihak kedua dengan tujuan dan keperluan tertentu. Hampir sama yang dikemukan oleh Dra. Sudermayanti, M. Pd. Surat bertujuan meyampaikan berita dari orang tertentu kepihak terkait. Warsanto lebih spesifik lagi dengan definisi surat “Surat merupkan komunikasi tertulis alam bentuk warkat dengan menggunkan kertas berukuran tertentu.

Selain ketiga ahli tersbut. Pengertian surat juga dikemukakan oleh HIDAJAT (surat berbentuk pernyataan, pemberitaan, dan pernyataan), Prajudi Atmosudiridjo (surat berasal dari perseorangan dan kelembagaan organsiasi yang ditujukan kepada alamat tertentu, Diana Nababab (surat adalah informasi tertulis yang tersaji dalam kadaan baik meskipun tidak menggambarkan tentang pribadi si pengirim surat), Djoko Purwanto (surat lebih kepada penyampaian informasi yang berkaitan dengan bisnis dan nonbisnis).

Dari beberapa defenisi tersebut, surat terdiri dari beberapa unsur pokok pengirim surat, penerima surat, dan isi surat. Dan saat dijabarkan secara terperinci surat dapat berupa komunikasi tertulis menggunakan kertas tertentu antara dua pihak dengan maksud dan tujuan memberikan informasi maupun berita.

Contoh Surat Dinas: Surat Keterangan

SURAT KETERANGAN
Nomor : 007/B.1/KTR/BOTA/I/2013

Yang bertanda tangan di bawah ini Ketua UKM BOTA Cabang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerangkan bahwa :

Nama        : Eko Nurcahyo, S.H
Tingkatan : BONYO
No MSH  : 19271 

Adalah Anggota UKM BOTA Cabang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dikarenakan yang bersangkutan telah lulus menyelesaikan studi sarjana (S1) dan diterima bekerja di Kabupaten Bandung. Maka yang bersangkutan bermaksud pindah keanggotaannya ke Bota Cabang Jawa Timur. 

Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk menjadi maklum dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 06 Januari 2013
Pengurus UKM BOTA
Cabang UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 
 
Amil Hendak
Ketua

Contoh Surat Biasa: Surat Penyerahan LPJ
No       : 061/A.1/BOTA/V/2013
Lamp   : 1 bendel LPJ dan SPJ
Hal      : Penyerahan LPJ Pengurus 2012-2013
              dan Calon Pengurus 2013-2014

Kepada Yth.
Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Di,-
        Tempat

Salam sejahtera kami sampaikan semoga rahmat serta hidayah Allah SWT senantiasa terlimpah kepada kita semua sehingga kita selalu diberi perlindungan dalam melaksanakan segala aktifitas kita. Amin.

Sehubungan dengan telah berakhirnya masa kepengurusan periode 2012-2013 pada 31 Maret 2013, maka dengan ini kami “Menyerahkan LPJ Pengurus 2012-2013 dan Calon Pengurus 2013-2014” dan beberapa lampiran persyaratan sesuai permintaan dari pihak rektorat.

Demikian surat ini kami sampaikan dengan harapan dapat dipertimbangkan dan diterima, atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.
 
   Yogyakarta, 05 Mei  2013


Pengurus UKM BOTA
 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ketua                                                  Sekretaris



Akil Azizi                                     Muhammad Idam
                              

Mengetahui 
Pembina UKM BOTA



Norman Latunggina 
NIP. 15033444 

Ada banyak bentuk surat yang dapat Anda buat, namun pada artikel pengertian surat ini kami hanya mencontohkan beberapa saja. Terimah Kasih