Panduan Pembuatan Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer Terbaru 2016, Agar Lamaran Anda Mudah diterima di Sekolah

Sejauh ini, setiap lamaran yang Anda ajukan tidak diterima oleh pihak penyedia lapangan kerja? Telah melakukan cara terbaik untuk memperoleh pekerjaan? Anda merasa putus asa dengan segala upaya yang telah Anda lakukan? 

Inilah hal biasa yang dialami oleh para pemburu pekerjaan. Merasa belum diberi kesempatan saat ia mendaftarkan diri dalam sebuah instansi. Kegagalan tersebut tidak diimbangi dengan usaha yang giat untuk mencapai kesuksesan saat melamar pekerjaan lainnya. 

Anda melakukan kesalahan fatal. Kami asumsikan Anda tidak teliti saat membaca pengumuman penerimaan guru honorer, Dengan penuh kepercayaan diri, Anda melampirkan berkas yang menjadi syarat utama. Namun tidak memperhatikan hal-hal kecil yang menjadi bumeran saat lamaran kerja ditolak.
Saat memikirkan sebuah langkah untuk mendapatkan sesuatu, keinginan tersebut harus dibarengi dengan tekad yang kuat yang disertai persiapan matang dengan selalu berusaha mencari jalan untuk mewujudkan keinginan tersebut.
Terkait beberapa persiapan yang harus diperhatikan saat melamar pekerjan, telah kami sebutkan secara gamblang pada artikel mudahnya melamar pekerjaan. Secara umum pada artikel tersebut kami bagi ke dalam 3 poin, pertama Apa yang Harus Diperhatikan Para Pelamar Kerja, kedua Panduan Pembuatan CV Professional dan ketiga Contoh Pembuatan Surat Lamaran Kerja.

Belajar Jadi Guru Saat melamar Pekerjaan
Mengajar di Kelas (Foto:Pfl.grad.ncsu.edu)
Karena judul tulisan ini adalah panduan pembuatan surat lamaran kerja jadi guru honorer. Maka akan kami berikan beberapa pertimbangan agar lamaran Anda mudah di terima di sekolah yang Anda daftari.

Melamar Menjadi Guru Berarti Anda Mempersiapkan Diri menjadi Deretan Orang yang Mulia

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pekerjaan seorang guru termasuk dari pekerjaan yang mulia, bahkan dapat dikatakan kemajuan dan kecerdasan suatu bangsa terletak pada jasa seorang guru yang menanamkan nilai-nilai luhur kepada putra dan putri terbaik suatu Negara. Dari seorang guru, akan lahir insinyur, pengusaha, ilmuwan, professor dll. 

Niat yang mulia ini, tentunya harus dibarengi dengan keikhlasan dalam menjalaninya. Keikhlasan tersebut akan berimplikasi pada lahirnya tunas bangsa yang berkualitas. Tidak hanya dinikmati saat masih hidup, hingga meninggalpun jasa seorang guru akan di kenang.

Karena menjadi pendidik termasuk dari pekerjaan mulia, banyak lulusan sarjana yang berkeinginan mengabdikan diri dengan menekuni profesi pengajar di sekolah-sekolah. Selain untuk mendapatkan pekerjaan, keinginan tersebut dilatarbelakangi oleh tuntutan sebagai sarjana kependidikan yang telah diamanahkan. 

Dari banyaknya lulusan universitas ternama tentunya akan berdampak pada persaingan yang tidak mudah. Karena persaingan menjadi guru tidaklah mudah, maka pada artikel ini tekankan beberapa keahlian penunjang dalam memudahkan cita-cita mulia tersebut. Lalu kami lanjutkan dengan tips agar diterima jadi guru di sekolah.

Kuasai keahlian yang dibutuhkan Seorang Guru

Sebelum Anda membuat surat lamaran menjadi guru, ada baiknya bercermin kepada diri sendiri. Apakah saya sudah layak menjadi guru, Apakah saya memiliki kecakapan menjadi guru, Apakah saya sanggup mengemban amanah mulia ini. 

Jika pertanyaan-pertanyaan di atas ada pada diri Anda maka jangan menunggu waktu, segeralah mendaftarkan diri sebagi guru disebuah sekolah dengan melampirkan surat lamaran kerja Anda.

Bagaimana jika sebaliknya, tindak-tanduk kehidupan sehari-hari tidak mencerminkan sebagai guru, tidak memiliki kemampuan sebagai guru, bahkan untuk micro teaching pun masih kewalahan. Jika Anda berada pada kondisi ini, sebaiknya urungkan niat dan jangan buang2 waktu, carilah pekerjaan yang sesuai dengan Anda.

Imbangi Keahlian dengan Kecakapan Penunjang Lainnya

Sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas, di luar sana ada banyak lulusan sarjana yang siap bersaing memperebutkan profesi ini. Oleh karena itu, lengkapi kemampuan Anda untuk mengungguli para pelamar lainnya. 

Berhubung sekarang adalah era digital bahkan ada kebijakan baru tentang MEA, maka kemampuan mengoperasionalkan komputer serta komunikasi berbahasa asing adalah kemampuan yang harus dimiliki guru. 

Jangan ragu untuk mencantumkan kemampuan di atas dalam CV lamaran kerja sebagai nilai tambah dalam melamar pekerjaan.


Lakukan Tips ini Sebelum Melamar Menjadi Guru Honorer

Seperti halnya dengan surat lamaran pada umum, dapatkan informasi sebanyak mungkin saat melamar pekerjaan ini, cari informasi seputar sekolah yang akan didaftari, dapat melalui karyawan, siswa atau guru di sekolah tersebut atau mungkin dapat diperoleh dari internet.

Tips diterima saat Melamar Kerja jadi Guru
Jadi Guru Sekolah (Foto: Static-secure.guim.co.uk)
Perbanyak relasi dengan guru-guru, meskipun guru tersebut tidak mengajar di sekolah yang akan didaftari, setidaknya ada informasi tambahan mengenai pengalaman mereka saat mendaftar, jalin komunikasi dan cari tahu apa saja yang harus dipersiapkan.

Setelah Anda melakukan kedua tips di atas, persiapan yang lebih matang tentunya berasal dari diri Anda, Sejauh mana wawasan yang Anda miliki, bagaimana penampilan Anda hingga perhatikan kelayakan Anda sebagai pengajar (micro teaching, materi hingga metode mengajar).

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer di Lembaga Pendidikan Swasta Maupun Negeri

Idealnya surat lamaran kerja di tulis tangan oleh pelamar, namun jika tidak ada ketentuan ini sebaiknya Anda menggunakan hsil ketikan tangan, lebih praktis dan lebih rapi. Selain itu persiapkan juga kelengkapan berkas lainnya seperti: Ijazah s1, Riwayat Hidup, Transkip Nilai, Pas Foto, Sertifikat, KTP dan akta IV jika diperlukan, sebagai bahan pertimbangan pihak sekolah.

Perihal: Permohonan Tenaga Pengajar Honorer

Kepada Yth:
Kepala Sekolah SMK I Bina Tunggal

di 
     Semarang

Dengan hormat,
Saya yang beridentitas di bawah ini:

Nama                                         : Ilyas Batu
Tempat dan Tanggal Lahir        : Semarang, 24 Februaru 1988
Pendidikan Terakhir                  : Sarjana Pendidikan Matematika
Alamat Domisili                        : Nologaten, No 19 Semarang
No Telp                                     : 085239831412

mengajukan permohonan menjadi tenaga pendidik di tempat yang Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkankan beberapa berkas berikut:

  1. Foto Copy Transkip Nilai Legalisir 1 Lembar 
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir Legalisir 1 Lembar
  3. Foto Copy KTP 1 Lembar
  4. Pas Poto ukuran 3 x 4 3 Lembar dan 4x6 1 Lembar
  5. Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar
Demikianlah, Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimah kasih.

Semarang, 25 Mei 2016
Hormat saya,


Ilyas Batu, S.Pd.

Demikianlah Tips dan Panduan Pembuatan Surat Lamaran Kerja Guru Honorer Agar Mudah diterima di Sekolah. Selamat Bekerja