Gagal Wawancara Karena Gugup, Mungkin Anda tidak Melakukan 5 Trik Mudah Berikut!

Trik Jitu Sukses dalam Wawancara Kerja - Bagi pencari kerja, momen wawancara kerja merupakan kesempatan untuk maju ke tahap yang lebih menentukan agar diterima bekerja di perusahaan yang dituju. Namun demikian tak jarang, banyak kandidat pelamar kerja yang akhirnya gagal dalam menjalani wawancara kerja hanya karena diserang rasa gugup yang super parah. 
cv-library.co.uk
Bukan hanya ucapan yang menjadi terbata-bata, namun juga pikiran yang tiba-tiba blank tanpa sebab yang jelas,sehingga harapan untuk diterima bekerja pun hanya tinggal angan-angan. Pernahkah Anda mengalami hal itu, atau bahkan sering mengalami kegugupan setiap kali menjalani proses wawancara kerja? Tenang saja, berikut ini adalah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir rasa gugup sehingga wawancara kerja bisa berlangsung sesuai harapan.

1. Persiapan Dokumen dan Kelengkapan Lainnya

Sebelum hari H wawancara kerja sebaiknya Anda sudah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan secara teliti, seperti CV dan dokumen pendukung lainnya. Selain dokumen, maka penampilan Anda juga harus dipersiapkan dengan baik, termasuk pemilihan pakaian yang akan dikenakan. 
logicdays.com
Anda tidak perlu menggunakan pakaian mewah agar terkesan glamor, karena untuk sesi wawancara kerja hal itu justru kurang pas, bisa-bisa malah seluruh mata memandang ke arah Anda karena gaya busana pesta yang salah tempat. Pemilihan pakaian yang nyaman dengan desain simple namun elegan justru bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda selama menghadapi proses wawancara kerja, sehingga rasa gugup pun bisa teratasi.

2. Mencari Informasi Mengenai Perusahaan yang Dituju

Sebelum Anda menjalani sesi wawancara kerja, pastikan Anda sudah memiliki banyak informasi mengenai perusahaan yang akan Anda tuju. Hal ini sangat penting bagi Anda untuk mengantisipasi beberapa pertanyaan dari pewawancara yang mungkin akan menanyakan sejauh mana pengetahuan Anda tentang perusahaan. 
directrecruiters.com
Dengan mengetahui profil perusahaan dan sistematika yang ada di perusahaan tersebut, maka kepercayaan diri Anda bisa semakin meningkat. Jangan sampai saat ditanya Anda hanya bisa terdiam dengan keringat dingin bercucuran gara-gara tidak tahu sama sekali tentang perusahaan yang Anda tuju. Anda bisa browsing di internet mengenai profil perusahaan sehingga sudah ada gambaran mengenai perusahaan yang Anda tuju.

3. Melakukan Latihan Wawancara

Meskipun tidak bisa sama persis dengan wawancara kerja yang sesungguhnya, namun dengan melakukan latihan wawancara setidaknya Anda sudah terkondisi dengan suasana ketika wawancara kerja berlangsung. Sehingga ketika Anda benar-benar menghadapi wawancara kerja, rasa gugup sudah berkurang dan Anda bisa lebih percaya diri. 
biggerbras.com
Anda bisa meminta bantuan teman atau saudara untuk berlatih wawancara kerja. Meskipun hanya bersifat latihan, namun sebaiknya tetap dikondisikan seperti wawancara kerja yang sesungguhnya, dalam hal ini Anda dan teman Anda harus serius.

4. Istirahat yang Cukup

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tidur bisa berpengaruh pada tingkat stress, dimana waktu tidur yang kurang bisa meningkatkan potensi stress yang dialami. Oleh karena itu, pastikan sebelum menjalani wawancara kerja Anda sudah cukup tidur sehingga terhindar dari stress yang berakibat pada rasa gugup saat menjalani sesi wawancara kerja. 
O.onionstatic.com
 Selain itu kondisi tubuh yang kurang fit akibat tidur yang tidak cukup bisa berpengaruh pada konsentrasi Anda dalam mendengarkan pertanyaan dari pewawancara. Bukan hanya gugup saja yang akhirnya menggagalkan wawancara kerja Anda tetapi juga jawaban-jawaban yang kurang tepat akibat konsentrasi Anda yang menurun.

5. Melakukan Olahraga Ringan

Membiasakan diri melakukan olahraga ringan setiap pagi bisa membuat pikiran lebih rileks dan menurunkan tingkat stress maupun kecemasan. Oleh karena itu biasakanlah olah raga pagi secara teratur agar kondisi tubuh dan pikiran lebih fit dan siap menghadapi wawancara kerja. 
Cdn.skim.gs

6. Menarik Nafas Panjang sebelum Masuk Ruangan Wawancara

Perasaan gugup yang Anda alami ketika akan menghadapi sesi wawancara kerja bisa diminimalisir dengan menarik nafas panjang. Dengan cara ini oksigen yang mengalir ke otak bisa lebih banyak dan pikiran pun menjadi lebih rileks. Jangan lupa juga untuk berdo'a menurut agama dan keyakinan Anda sehingga bisa lebih percaya diri. 
womenshealthmag.com

Baca Juga: Panduan Resmi Pembuatan Surat Lamaran Kerja Agar Mudah diterima


Nah, sudah siapkah Anda untuk menghadapi wawancara kerja hari ini? Semoga tidak gugup lagi. Good luck!