Contoh Cara Pembuatan Surat Penawaran Terbaru yang Baik dan Benar

Anekasurat.com, Contoh Surat Penawaran Terbaru – Surat penawaran merupakan jenis surat yang banyak digunakan dalam transaksi bisnis untuk mempermudah kelancaran aktivitas ekenomi dengan pihak-pihak terkait.

Umumnya, jenis surat ini banyak digunakan untuk tawar menawar berupa jasa, barang, produk bahkan digunakan untuk mempererat kerjasama dengan perusahaan tertentu. Sebagai contoh perusahaan A mempunyai hasil produksi barang berupa makanan, lalu ia berkeinginan agar hasil produksi tersebut dijual di minimarket pilihan maka perusahaan A membuat surat penawaran yang ditujukan kepada pihak minimarket.

Karena jenis surat in banyak digunakan untuk keperluan perdagangan, maka banyak juga yang menyebutnya dengan surat bisnis, meskipun dalam perkembangan banyak digunakan selain kepentingan perniagaan.

Contoh Surat Penawaran Jasa Terbaru
Format Surat Penawaran / Tkc.edu
Lebih jauh, surat penarawan barang ini akan berkembang menjadi surat penawaran kerjasama bilamana kedua bela pihak merasa diuntungkan dengan permintaan yang dilakukan pada saat pertama kali transaksi dilaksanakan. Untuk melengkapi jalinan kerjasama ini, dibuatlah sebuah surat tambahan (baca: surat pernyataan) untuk mengikat kesepakatan yang telah terjalin.

Dari uraian di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa surat penawaran adalah surat usaha yang diperuntukkan untuk menawarkan produk tertentu kepada pihak perusahaan yang bergerak dibidang penjualan.

Contoh Surat Penawaran Terbaru 2016

1. Surat Penawaran Barang dan Jasa
Contoh Surat Penawaran Barang 
Bogor, 03 Agustus 2016
Kepada Yth
PT. Guna Karya

Di,-
Bogor

No. : 053/PNWRN/2016
Hal : Penawaran Barang
Lamp. : 1 Berkas

Dengan Hormat

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Karya Insani, dengan alamat di Jl. Borong Cela No. 234 Bogor. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor kertas dan telah bekerja sama dengan berbagai toko dan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan.

Sesuai informasi yang kami peroleh, CV Guna Karya adalah perusahaan yang menjual berbagai produk kertas yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan barang dengan harga yang bersaing.

Sehubungan dengan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok kertas untuk perusahaan yang bapak kelola. Besar harapan kami, penawaran ini dapat terjalin dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai bahan pertimbang, telah kami lampirkan daftar harga kertas yang kami sediakan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. Karya Insani

2. Surat Penawaran Produk

Secara sederhana surat penawaran produk diartikan sebagai surat elektronik yang berisikan penawaran kerjasama produk dengan perusahaan tertentu. Penawaran ini wajib berisikan informasi lengkap mengenai produk apa yang akan ditawarkan kepada buyer.
Contoh Surat Penawaran Produk
Kesepakatan Penawaran Kerjasama Produk / Directhousebuyer.co.uk
Untuk meyakinkan calon pembeli atau pihak perusahaan, diperlukan data tambahan berkaitan dengan produk yang telah diproduksi, semisal data penjualan yang semakin meningkat, jika produk yang ditawarkan adalah produk kecantikan maka seharusnya mencantumkan hasil uji pengunaan yang tidak membahayakan, dll.

Contoh Surat Penawaran Produk 
Rinso Masa Kini

Jl. Togel 9 No 90 Bandung
No. Tlp. 021 888 378
No. Fax 021 121 121

Bandung 4 Agustus 2016

Kepada Yth,
Purchasing Manager Supermarket
Bapak Reno Sutarjo
Jl. Simanjuntak No. 567 Bandung

di-Bandung

Perihal : Penawaran Rinso Pembasmi Kuman

Dengan hormat,

Bersama ini kami bermaksud untuk mengajukan surat penawaran kepada Bapak mengan produk kami dengan uraian sebagai berikut :

Rinso Pembasmi Kuman Masa Kini

Merupakan sebuah produk detergen yang sangat higienis, dengan kandung antiseptic berdasarkan uji laboratorium terkemuka. Produk ini memiliki sejumlah kelebihan berupa ampuh menjaga kesehatan dan melindungi penggunan dari serangan kuman.

Adapun harga dari produk ini adalah Rp. 75.000,- (tuju puluh lima ribu rupiah) per sachet. Bapak dapat membandingkan harga regular di market, yaitu sekitar Rp. 150.000,- per sachet. Berbeda dengan harga yang akan kami tawarkan kepada bapak yaitu harga promo yang sangat murah, untuk kedepannya kami tidak akan mematok harga yang tinggi.

Bersama ini, kami juga melampirkan sample uji laboratorium serta informasi tambahan lainnya.

Demikian surat penawaran ini kami buat dengan harapan akan terjadi kemitraan yang menguntungkan antara kami dan pihak supermarket. Atas perhatian serta kerja samanya, kami sampaikan banyak terimakasih.

Hormat kami,
Rinso Masa Kini,

Massalokoto
Marketing Manager