Contoh Surat Pernyatan Terbaru 2017 Berbagai Keperluan

Anekasurat.com, Contoh Surat Pernyatan Terbaru - Surat pernyataan adalah surat yang digunakan oleh individu untuk menjelaskan keadaan yang sedang dialami untuk keperluan tertentu. Jenis surat ini sering digunakan untuk melengkapi berkas maupun dokumen yang ada sebagai alat bukti maupun keperluan tertentu (Baca: Pengertian Surat).
Contoh Surat Pernyataan Terbaru
Menulis Surat Pernyataan / Theodysseyonline.com
Dari pengertian tersebut, ada 3 penekanan dalam surat pernyataan yaitu subjek yang akan diterankan, obyek (tujuan pembuatan surat) dan saksi pihak-pihak terkait yang disertai dengan tanda tangan. Bahkan dalam keadaan tertentu dibutuhkan stempel serta tanda tangan di atas materai untuk menerankan surat yang bersifat resmi.

Agar tidak memiliki kerancuan dalam memaknai pengertian di atas, akan kami jelaskan jenis surat pernyataan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan dua pengelompokan umum. di antaranya:

Surat Pernyataan yang Dikeluarkan oleh Instansi Resmi
1. Pernyataan berkelakuan baik, yaitu surat yang biasa dikeluarkan oleh instansi pemerintahan maupun lembaga kemasyarakatan untuk kelengkapan berkas tertentu, seperti syarat masuk universitas, menerima beasiswa, dll. Contoh: Surat Berkelakuan Baik dari Polisi.

2. Pernyataan bebas narkoba, yaitu surat yang biasa dikeluarkan oleh lembaga kemasayarakatan yang bergerak d bidang kesehatan, digunakan untuk melengkapi berkas yang diperlukan seperti syarat masuk menjadi anggota polisi, tentara dan sejenisnya. Terkadang juga digunakan sebagai syarat masuk universitas maupun mengikuti program beasiswa. Contoh: Surat Pernyataan Bebas Narkoba dari Laboratorium maupun Instansi kesehatan.

3. Pernyataan keanggotaan, yaitu surat yang menerankan pribadi tertentu yang menjadi bagian dari sebuah lembaga, digunakan sebagai alat bukti maupun kelengkapan berkas. Contoh: Surat pernyataan keanggotaan organisasi, surat pernyataan keanggotaan di tempat kerja, surat pernyataan mahasiswa aktif, dll.

Perlu kami tekankan bahwa jenis surat ini bersifat resmi, sehingga kop surat dan stempel adalah kelengkapan yang harus tertera dalam surat.

Surat Pernyataan yang Dikeluarkan oleh Pribadi Individu
Jenis surat ini berupa surat keterangan yang dibuat sendiri oleh yang bersangkutan, tidak di bawah suatu instansi. Ada dua jenis surat pernyataan individu, Pertama: surat pernyataan yang digunakan untuk menerankan sesuatu yang akan dilaksanakan sebagai kelengkapan berkas. Di antaranya: surat pernyataan kesanggupan kerja, surat pengunduran diri, surat pernyataan jual beli, pernyataan utang piutang, Dll.

Kedua: Surat pernyataan untuk menerankan sesuatu yang telah terjadi digunakan sebagai alat bukti.

Kegunaan Surat Pernyataan dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika kita klasifikasi berdasarkan beberapa pengertian di atas, setidaknya kita dapat menemukan tiga kegunaan surat pernyataan:

Untuk Pembuat Surat, jenis surat ini digunakan sebagai syarat kelengkapan berkas yang diperlukan penerima surat (baca: melamar pekerjaan). Dengan kata lain, surat ini berguna untuk mendapatkan pengakuan dari penerima surat. Seperti yang kami singgung di atas, sebagai pernyataan sanggup bekerja, sanggup menjalankan program beasiswa, dll.

Untuk Penerima Surat, Jenis surat ini digunakan sebagai bukti tertulis yang memiliki kekuatan hukum (jika terdapat tanda tangan di atas materai). Bukti ini digunakan sebagai alat dalam menagi pernyataan yang telah dilakukan oleh pihak terkait bila tidak melakukan pernyataan yang telah dituliskan dalam surat.

Bagi Pihak Ketiga, jenis surat ini digunakan untuk menjamin sesorang yang tertuang dalam surat, seperti pernah menjadi anggota organisasi, pernah bekerjasama, pernah sekolah, pernah kuliah, dll. Jenis surat ini banyak digunakan oleh instansi swasta maupun negri untuk keperluan tertentu.

 Contoh Surat Pernyataan Terbaru 2017

Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja
Yang bertanda tangan di bawah
Nama : Indarwati
Tempat dan tanggal lahir : Majalengka, 20 Agustus 1995
Agama : Islam
Alamat : Jl Dipanegoro No 201 Majalengka

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan;

2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri / Pegawai Negeri;

4. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah;

5. Tidak sedang menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik;

6. Bersedia menjalani ikatan dinas sekurang-kurangnya dua tahun, atau sebagaimana yang ditentukan.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pemyataan saya tidak benar.

Majalengka, 20 Agustus 2017

Yang membuat pernyataan,
Materai Rp. 6.000,-

Indarwati

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Mengikuti Program Beasiswa
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Indarwati
Tempat dan tanggal lahir : Majalengka, 20 Agustus 1995
Agama : Islam
Alamat : Jl Dipanegoro No 201 Majalengka 

Dengan ini menyatakan bahwa saya sanggup mematuhi peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Yayasan Beasiswa Majalengka. Apabila di lain waktu saya melanggar peraturan yang telah ditetapkan, maka saya bersedia menerima sanksi yang berlaku oleh Yayasan Beasiswa Majalengka.

Demikianlah surat pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, dengan kesadaran penuh tanpa paksaan, dan untuk digunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih.

Majalengka, 20 Agustus 2017

Yang membuat pernyataan,
Materai Rp. 6.000,-

Indarwati