6 Hal Sepele ini, dapat Membimbing Anda Mendapatkan Pekerjaan yang diinginkan

Ketatnya persaingan dalam dunia kerja mungkin sudah bukan hal yang baru lagi bagi para pencari kerja. Jumlah pencari kerja yang begitu banyak tidak diimbangi dengan lapangan kerja yang luas, sehingga masing-masing kandidat pelamar kerja harus benar-benar memiliki kelebihan untuk bisa menarik perusahaan dan merekrutnya sebagai karyawan.

Setiap pelamar kerja tentu ingin mendapatkan pekerjaan yang diharapkan, di lain pihak perusahaan memiliki kekuasaan dalam menentukan kandidat pelamar kerja yang terbaik untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Jika selama ini Anda masih gagal setelah berulang kali melamar pekerjaan di perusahaan tertentu, jangan patah semangat dan tetaplah berusaha untuk meraih pekerjaan impian Anda.

Cara Tepat Memiliki Pekerjaan

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar cepat mendapatkan pekerjaan.

1. Membuat Daftar Pekerjaan Sesuai dengan Kompetensi yang Dimiliki

Tidak dipungkiri jika pelamar kerja menginginkan pekerjaan sesuai dengan background pendidikan yang dimiliki sebelumnya. Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa diisi dengan latar belakang pendidikan tertentu, sehingga Anda bisa membuat daftar pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi dan keahlian Anda dalam bidang masing-masing. Dengan membuat daftar ini maka akan membuat Anda fokus pada jenis pekerjaan yang Anda inginkan.

2. Mengetahui Job deskripsi dari Pekerjaan yang Dituju

Beberapa perusahaan akan mencantumkan job deskripsi dalam posisi pekerjaan yang sedang dibuka, ada baiknya Anda benar-benar mencermati tugas-tugas tersebut dan mencocokannya dengan kompetensi yang Anda miliki. Meskipun beberapa perusahaan memberikan kelonggaran terkait latar belakang pendidikan, namun hal ini juga harus diimbangi dengan skill dan kemampuan Anda dalam bidang tersebut.

Baca Juga: Tata Cara Pembuatan Surat Lamaran Kerja Terbaru Agar Mudah diterima (Panduan Resmi 2016)

Jika memang Anda berminat untuk mengambil pekerjaan tersebut, maka sudah sepantasnya Anda memiliki kemampuan untuk melakukan tugas dalam pekerjaan itu dengan baik sehingga Anda tidak merasa terbebani dengan tugas-tugas tersebut.

3. Membuat Resume yang Efektif

Jika Anda sudah menemukan kesempatan kerja pada bidang yang sesuai dengan keinginan, maka langkah selanjutnya adalah membuat resume dan surat lamaran kerja yang efektif. Dalam hal ini resume yang Anda buat harus benar-benar efektif dan menjual sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan. Hindari pembuatan surat lamaran kerja yang bertele-tele dan tidak tepat sasaran.

4. Mengaktifkan Jaringan

Ada beberpa kesempatan kerja atau lowongan dari perusahaan yang justru tidak dipublikasikan dan hanya berdasarkan rekomendasi karyawan yang sudah ada. Sehingga informasi dari mulut ke mulut menjadi media untuk mencari karyawan baru.

Untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut maka Anda bisa mengaktifkan jaringan yang telah dimiliki, seperti bertanya pada sesama alumni, forum lowongan kerja, teman, kerabat, hingga jaringan di media sosial. Selain menjadi sumber informasi dalam mencari pekerjaan, forum juga dapat membantu dalam berbagai hal, seperti sharing seputar tips sukses wawancara kerja, apa saja yang harus dipersiapkan, dll. Tidak perlu malu jika Anda sedang mencari pekerjaan, karena semakin banyak yang mengetahui maka akan semakin terbuka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

5. Menjadi Sukarelawan

Aktif dalam kegiatan sosial bisa menjadi cara bagi Anda untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaaan. Dengan menjadi bagian dari suatu komunitas atau aktifvitas sosial tertentu memungkinkan Anda untuk memiliki koneksi yang lebih luas, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja tertentu. Selain itu pengalaman menjadi relawan dalam kegiatan sosial bisa menjadi nilai tambah bagi Anda di mata perusahaan.

6. Bijak dalam Menggunakan Media Sosial

Media sosial saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, tak jarang semua aktivitas bahkan diunggah di media sosial tanpa berpikir panjang. Bagi Anda yang sedang sibuk mencari pekerjaan, media sosial bisa menjadi sarana untuk medapatkan informasi lowongan pekerjaan. Namun demikian, di lain pihak Anda juga harus bijak dalam menggunakan media sosial, baik itu dalam hal konten yang diunggah maupun komentar-komentar yang Anda tulis di media sosial.

Beberapa perusahaan mencari kandidat pelamar kerja melalui media sosial, sehingga jika kandidat tersebut mengunggah konten atau komentar negatif bukan tidak mungkin akan langsung di eliminasi dari daftar kandidat yang dibutuhkan meskipun sebenarnya potensial untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar cepat mudah mendapatkan pekerjaan. Tetaplah semangat dan tingkatkan skill Anda untuk meraih pekerjaan yang Anda inginkan. Goodluck!